Information System Competitiveness



Pada era globalisasi ini, sistem informasi merupakan hal yang sangat krusial yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan untuk bisa bersaing. Untuk menjelaskan hal tersebut, kali ini saya akan memberikan review dari jurnal berjudul sistem informasi bagi industri mebel untuk mengoptimalkan proses pemotongan dan limbah yang dihasilkan (2016).

Karena stagnasi ekonomi Eropa saat ini dan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dari negara berkembang, perubahan signifikan dalam industri mebel Eropa perlu dilakukan. Faktor yang paling relevan terkait penurunan pangsa pasar adalah biaya produksi (biaya tenaga kerja & bahan baku). Sistem informasi yang diusulkan bertujuan untuk mengurangi limbah bahan baku, mengoptimalkan pembelian & konsumsi, meningkatkan profitabilitas dan keberlanjutan perusahaan.

Salah satu pendekatan terbaru untuk mengurangi limbah yang dihasilkan melibatkan mempertimbangkan retails. Untuk menghasilkan rencana pemotongan yang diperlukan, diterapkan dua heuristik multi-tujuan untuk memecahkan two-dimensional rectangular CSP dengan sisa produksi yang masih bisa digunakan dan kendala guillotine. Yaitu metaheuristic GRASP (pembuatan rencana pemotongan yang cepat) dan pendekatan Tabu Search (mengoptimalkan hasil GRASP)


Hasil yang diperoleh memberikan penurunan biaya produksi yang signifikan. Namun demikian, ketika berhadapan dengan data nyata, menggunakan ritel menimbulkan tingkat kerumitan yang lebih tinggi karena adanya biaya logistik dan dapat mempengaruhi proses produksi lainnya. Langkah selanjutnya dari proyek ini adalah mengevaluasi dampak sistem informasi kami di kegiatan sehari-hari perusahaan, dengan tujuan meningkatkan heuristik dan keseluruhan kinerja sistem informasi.


Comments